Wednesday, September 28, 2011

5 Hal Wajib Agar Baterai HP Tahan Lama

Saat ini HP menjadi salah satu hal yang paling krusial dalam aktivitas kita sehari-hari. Hubungan dengan klien, kerabat, dan keluarga semua bisa diselesaikan dengan satu gadget. Tapi, bagaimana jika baterai HP kamu sering sekali drop di saat yang tidak diinginkan? Untuk itu, ada baiknya Anda melakukan beberapa hal berikut supaya baterai HP Anda bisa tahan lama dan nggak harus drop tiba-tiba.

1. No signal? Restart your cell phone!

Salah satu faktor yang menyebabkan bateraimu cepat habis adalah kondisi HP yang tidak mendapatkan sinyal. Ketika telepon selular Anda tidak mendapatkan sinyal sama sekali maka HP akan terus berusaha mencari sinyal. Dengan demikian HP terus menerus bekerja. Jika anda mengalami kondisi ini, sebaiknya mulai untuk me-restart HP Anda agar sinyal bisa tertangkap dengan mudah.

Atau jika sinyal tidak juga masuk ketika HP sudah di-restart berkali-kali, sebaiknya matikan dulu HP Anda untuk beberapa saat. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan waktu istirahat pada HP agar bisa bekerja secara optimal ketika kembali dihidupkan.

2. Matikan fungsi getar pada HP

Untuk mengirit pemakaian baterai, matikan fungsi getar pada HP. Jika tidak berada dalam kondisi yang mengharuskan Anda mematikan bunyi HP, nyalakan bunyi HP tanpa menggunakan getar. Getar HP sangat cepat menghabiskan tenaga baterai jika dibandingkan dengan hanya menyalakan ring tone telepon selular Anda. Tidak percaya? Coba perhatikan dan hitung berapa lama bateraimu bisa bertahan jika Anda tetap menggunakan fungsi getar.

3. Matikan koneksi Bluetooth








Jika tidak di anggap perlu, matikan koneksi bluetooth pada telepon Anda. Perlu headset? Sebaiknya gunakan headset dengan kabel dibandingkan dengan headset bluetooth. Selain radiasinya tidak baik untuk untuk kesehatan kepala Anda, bluetooth juga sangat cepat membuat baterai Anad kering. Jadi, jika tidak terlalu perlu, matikan koneksi bluetooth HP Anda.

4. Animasi gerak untuk background HP? No way!

Jika Anda ingin menggunakan gambar background pada HP, sebaiknya pilih gambar dengan format JPEG daripada gambar atau animasi dalam format GIF (gambar gerak). Karena gambar gerak yang menjadi background pada HP berarti telepon Anda bekerja dua kali lebih keras dan pastinya akan menguras baterai Anda lebih cepat. Atau jika bisa, gunakan background satu warna (warna hitam atau lainnya) pada HP.

5. Charge baterai dengan durasi yang pas

Sering kali baterai bocor dan drop disebabkan durasi pengisian baterai yang terlalu lama dan tidak tepat. Saat mengisi ulang baterai, sebaiknya pastikan kondisi HP dalam keadaan nonaktif (mati). Kondisi HP dalam keadaan mati membuat baterai HP menyerap tenaga dari sumber listrik lebih cepat dan mengisi tenaga dengan sempurna. Sebisa mungkin, charge HP jika baterai memang sudah perlu untuk diisi ulang. Isi baterai HP Anda selama kurang lebih 2 jam (dalam keadaan nonaktif) maka HP-mu sudah siap untuk digunakan kembali.

Disadur dari http://id.berita.yahoo.com/5-hal-wajib-agar-baterai-hp-tahan-lama-030000364.html

No comments:

Post a Comment

Subscribe Now: google

Add to Google Reader or Homepage