Monday, July 19, 2010

10 Tips Menghentikan Kebiasaan Merokok

1. Mulailah dengan beberapa persiapan dengan memastikan bahwa Anda benar-benar ingin berhenti merokok dan memahami mengapa Anda merokok.

Apakah alasan-alasan ini cukup kuat untuk memotivasi Anda ketika Anda dihadapkan dengan situasi-situasi sulit?

Tuliskan alasan Anda untuk berhenti merokok. Anda mungkin ingin melihat beberapa manfaat berhenti merokok.

2. Tentukan sendiri tanggal untuk berhenti merokok. Coba dan memilih tanggal yang akan membuat Anda merasa bebas untuk berhenti merokok. Coba dan tentukan tanggal dalam waktu sekitar dua minggu setelah membaca ini.

3. Tanyakan kepada dokter Anda untuk meminta nasihat. Ini penting jika Anda memiliki masalah kesehatan atau prihatin mengenai masalah seperti kenaikan berat badan.







4. Pertimbangkanlah untuk menemukan kerabat/partner untuk diri Anda berhenti merokok, rekan kerja dan teman-teman adalah tempat yang baik untuk memulai. Tetapkan tanggal untuk berhenti bersama-sama dan Anda akan dapat saling memberikan dukungan lainnya.

5. Beritahu keluarga dan teman-teman tentang tujuan Anda. Meminta mereka untuk mendukung Anda sebelum Anda berhenti dan menjelaskan bahwa Anda tidak mungkin menjadi diri sendiri saat mengalami proses pemberhentian ini. Ketika Anda mencapai tanggal berhenti Anda akan sangat bergantung pada orang-orang yang telah paling mendorong dan memberikan dukungan kepada Anda.

6. Pikirkan tentang memulai program latihan dan rencana makan yang masuk akal. Sekali lagi berbicara dengan dokter atau ahli gizi. Latihan akan memberikan Anda lebih banyak energi dan membantu Anda untuk bersantai dan menghilangkan stress.

7. Anda harus tahu apa yang memicu keinginan Anda untuk rokok, seperti stres, akhir dari makan, minum di bar, dll. Hindari pemicu ini saat Anda mencoba berhenti atau kalau itu tidak mungkin, putuskan bagaimana Anda akan menghadapi pemicu-pemicu tersebut.

8. Tentukan apa yang akan Anda lakukan ketika Anda mengalami perasaan mengidam merokok. Caranya mungkin bisa seperti bernapas dalam-dalam, dengan berjalan kaki dan menjaga Anda tetap sibuk, ini akan membantu untuk mengalihkan pikiran Anda dari mengidam. Mungkin Anda dapat memikirkan cara-cara lain. Menuliskannya. Sekedar mengingatkan, perasaan mengidam ini hanya akan berlangsung selama 3-5 menit pada suatu waktu.

9. Jika Anda mencoba untuk berhenti sedini mungkin, Anda akan menemukan sebuah batu sandungan. Jika demikian, Anda perlu mempersenjatai diri dengan solusi untuk masalah ini mendatang. Dapatkan sendiri penyelesaian, atau bantuan untuk penghilang stress tersebut.

10. Jadilah positif dan percaya dirilah bahwa Anda bisa berhenti. Anda telah menghabiskan waktu dan perencanaan energi bagaimana Anda akan berhenti merokok. Percayalah Anda dapat dan Anda akan melakukannya jika Anda bertahan.

Banyak orang berhenti setiap hari di seluruh dunia. Anda dapat menjadi salah satu dari mereka.

Ditranslate dan dikutip dari http://www.quit-smoking-stop.com/how-to-quit-smoking-tips.html

1 comment:

  1. saya dah coba byk kali untuk bhenti merokok tp x berjaya....sesiapa yg ada cadangan tlg bg tahu k

    ReplyDelete

Subscribe Now: google

Add to Google Reader or Homepage