Thursday, July 08, 2010

Liem Tiang Gwan - AHLI RADAR EROPA ASLI DARI SEMARANG




Anda yang pernah atau berkali-kali mendarat di Bandara Heathrow, London, Inggris?
Barangkali tidak mengetahui bahwa radar (radio detection and ranging) yang digunakan untuk memantau dan memandu naik-turunnya pesawat dirancang oleh putra Indonesia kelahiran Semarang.Selain itu, banyak negara di Eropa serta militer menggunakan jasanya untuk merancang radar pertahanan yang pas bagi negaranya.
Itulah Liem Tiang-Gwan, yang selama puluhan tahun bergelut dan malang melintang dalam dunia antena, radar, dan kontrol lalu lintas udara. Maka, bagi mereka yang biasa berkecimpung dalam dunia itu, pasti tidak asing dengan pria kelahiran Semarang, 20 Juni 1930, ini. Namanya sudah mendunia dalam bidang radar, antena, dan berbagai seluk-beluk sistem gelombang





elektromagnetik yang digunakan untuk mendeteksi, mengukur jarak, dan membuat peta benda-benda, seperti pesawat, kendaraan bermotor, dan informasi cuaca.
Meskipun sudah bekerja dan mendapatkan posisi yang lumayan, Liem muda masih berkeinginan untuk kembali ke Tanah Air. Ia masih ingin mengabdikan diri di Tanah Air. Maka, tahun 1963 ia memutuskan keluar dari tempatnya bekerja di Stuttgart dan kembali ke Indonesia. Apa pun yang terjadi, saya harus pulang, ujarnya mengenang.

Dikutip dari milis C14 teknik informatika ITS

No comments:

Post a Comment

Subscribe Now: google

Add to Google Reader or Homepage