Wednesday, October 26, 2011

SISTEM

Untukmu sahabatku yang muda (PNS)... Anggap saja tulisan ini Keliru, tapi anda adalah Successor.

Dibelakang sebuah meja tulis berkaca ukuran biro duduklah seorang Direktur...
Dia sedang membaca surat-surat yang ditulis oleh para pejabat-pejabat bawahan lainnya. Surat-surat itu sebelum sampai ke mejanya, telah melalui pejabat lainnya pula, menurut urutan kepangkatannya.
Itulah hal-hal yang kita saksikan dalam sebuah kantor, dan adegan-adegan demikian nampak hampir disetiap hari...
Mengapa demikian?
Bagaimana dengan kerja para pegawai rendahan, apa hanya mondar-mandir mengantar hasil ketikan?

Apa yang kita lihat di perkantoran, memang demikian, dan itu namanya Sistem Kerja “Pertanggungan jawab (Responsibility) yang tinggi” dan sistem itu sedang berlangsung... Artinya : Makin tinggi pangkat/jabatannya, makin besar lagi tanggung jawabnya. Pengertiannya semakin tinggi pangkat/jabatannya, akan semakin sibuk dengan tanggung jawabnya... Maka dengan demikian sukar baginya untuk berprestasi. Padahal dia mempunyai kemampuan terbaiknya yang dapat lebih dimanfaatkan (gamblangnya : seorang yang menjadi Direktur, sulit baginya untuk mengembangkan prestasinya yang sesuai dengan keahliannya)
Mungkinkah sistem ini akan berubah walaupun nantinya akan berbenturan dengan peraturan.

Kita tengok sistem kepemimpinan di Amerika, terkesan kebebasan yang luar biasa, yang dimiliki oleh para pemimpin dari tingkat yang rendah dalam bertugas. Disana pengertian tentang tingkatan jabatan dan pangkat dalam kepemimpinan tidak terlalu didasarkan pada tinggi atau rendahnya kepemimpinan. Seorang pemimpin atau kepala bagian, mau datang bertanya pada staf untuk meminta suatu nasihat/pendapat/petunjuk, tidaklah merasa seolah-olah lebih rendah dalam kepangkatannya apa yang dia terima sebagai gaji atau derajat tidak akan menjadi lebih rendah.
Maka dengan demikian terasa atau terlihat derajat kepemimpinan lebih bergandengan letaknya (side by side) daripada bersusun dari atas ke bawah (conical).
Kesimpulannya yang paling diutamakan adalah apa yang harus diprestasikan kemudian pertanggungan jawabnya, dan jarak ini sangat rendah/tipis. 

Sumber : Tulisan seorang rekan di salah satu instansi pemerintahan.

No comments:

Post a Comment

Subscribe Now: google

Add to Google Reader or Homepage